PEMETAAN PARTISIPATIF DI KAB.CIAMIS MEMPRIHATINKAN

Ciamis, Ketua Umum PeCi (Penggerak Cinta) Desa Kabupaten Ciamis, Dhika Hardhika meminta kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk lebih serius melakukan sinergitas dengan pihak desa terkait pemetaan partisipatif.

Sangat memprihatinkan, sering terjadinya konflik di Desa Karangpaninggal Kecamatan Panawangan Dengan Desa Sadewata Kecamatan Lumbung terkait perebutan lahan Gunung Terong hanya karena tidak ada kejelasan SK pemekaran dari Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Artinya, dengan adanya kasus seperti ini pemerintah kabupaten Ciamis harus lebih serius melakukan pemetaan partisipatif. Jika Pemda Ciamis tidak serius melakukan pemetaan secara menyeluruh, maka akan melahirkan kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Ciamis.

Dhika Hardhika menganalogikan, semisal ada seorang medis menangani pasien tanpa melakukan pemeriksaan dan observasi, maka akan salah melakukan upaya pengobatan pada si pasien. Begitu juga pemerintah akan salah mengeluarkan kebijakan ketika tidak melakukan pemetaan secara menyeluruh di kabupaten Ciamis.

 Karena dengan pemetaan partisipatif, pemda Kab.Ciamis akan menggali potensi daerah, mempermudah perencanaan tata guna lahan, areal yang dilindungi, pengembangan ekonomi lokal, menggali dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang sumber daya alam dan lingkungan sekitar, yang berdampak terhadap rasa percaya diri masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alamnya, juga meminimalisir konflik yang terjadi di grassroot.

 “Bisa dapat dipastikan, tidak semua desa di Kabupaten Ciamis mempunyai Profil Desa yang ideal. Maka dari itu, Pemda Ciamis harus secepat mungkin bersinergis dengan pihak desa se-Kabupaten Ciamis terkait hal tersebut”, ujar Dhika Hardhika.

Kemudian konten-konten hasil dari pemetaan tersebut harus diketahui oleh masyarakat kabupaten Ciamis. Artinya, Kabupaten Ciamis harus mempunya media informasi terkait Profil Kabupaten yang akurat dan tidak mengada-ngada.

Jika memang konflik ini sering terjadi di desa yang bersangkutan, maka pemda kab.ciamis (Eksekutif dan Legislatif) harus secepat mungkin hadir, turun tangan berdialog dengan stake holder terkait, memperlihatkan i’tikad baik pemda kab.Ciamis dalam menyelesaikan semua masalah yang ada di level grass root.

One thought on “PEMETAAN PARTISIPATIF DI KAB.CIAMIS MEMPRIHATINKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *